Monday, April 2, 2012

Contoh Laporan PPL BAB IV dan V

Posted By: Randy Ikas - Monday, April 02, 2012

Share

& Comment


BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKAN
DALAM MANAJEMEN SEKOLAH, SATUAN PENDIDIKAN

4.1.KEGIATAN MANAJEMEN YANG DIKERJAKAN MAHASISWA
Kegiatan manajemen yang dikerjakan oleh mahasiswa calon guru yaitu harus belajar menangani manajemen pendidikan di sekolah / lembaga tempat berpraktik adalah bagian integral dari PPL yang berupa Pengenalan Organisasi, aspek persekolahan, substansi manajemen sekolah dan fungsi-fungsi atau proses pengelolaan dan penyelenggaraan yang menyangkut segi edukatif, administratif, maupun personalia di bawah bimbingan dan koordinasi kepala sekolah / kepala satuan pendidikan atau petugas yang ditunjukkan.
Kegiatan manajemen yang dikerjakan mahasiswa di sekolah bertujuan agar praktikan mengenal secara langsung dan memperluas wawasan tentang struktur organisasi dan mekanisme pengelolaan sekolah.
Tugas / aspek yang di pelajari meliputi:
a         Organisasi Sekolah atau Lembaga Pendidikan
  • Sejarah sekolah
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kupang pad umumnya didirikan pada tahun 1979 dengan nama pada mulanya adalah Sekolah Menengah Pertama 3 Kupang namun dengan berjalannya waktu maka terjadi pergantian dari SMP Negeri 3 menjadi SMP Negeri 4. Hal tersebut tidak diherankan karena pada sekolah tersebut telah mengalami beberapa kali perubahan dalam hal kepemimpinan, sarana dan prasarana dan berbagai hal lainnya.
Ada pun perubahan-perubahan yang telah terjadi yaitu sebagai berikut :
-          Sekolah Milo  ( Tahun 1947-1950 )
-          SM / MS    ( Tahun 1950-1951 )
-          SMP Negeri Airnona ( Tahun 1951-1958 )
-          SMP Negeri 1 Kupang ( Tahun 1958-1979 )
-          SMP Negeri 3 Kupang ( Tahun 1979-1999 )
-          SMP Negeri 4 Kupang ( Tahun 1999-zekarang )
Sekolah Menengah Pertama 4 kupang merupakan salah satu sekolah yang mempunyai gedung tersendiri dan dilengkapi dengan sarana prasarana yang cukup memadai dan menunjang dalam proses pembelajaran.
  • Struktur organisasi
Setiap sekolah diwajibkan untuk memiliki struktur organisasi sekolah agar pelaksanaan program yang ditetapkan dapat berjalan dengan baik. Struktur organisasi dibuat untuk mengetahui siapa yang mengkoordinir sekolah tersebut dan mengetahui sekolah tersebut membidangi hal-hal apa saja. Seta mengetahui tugas dan tanggungjawabnya masing-masing komponen. Struktur Sekolah SMP negeri 4 Kupang terlampir.
  • Tugas dan peranan setiap komponen di sekolah
-          Kepala Sekolah
Sebagai Administrator :
Membuat perencanaan, menyusun organisasi sekolah, bertindak sebagai koordinator dan pengarah dan melaksanakan pengelolaan kepegawaian
Sebagai Supervisor :
Bertugas sebagai peneliti dan penentu syarat-syarat yang diperlukan bagi kemajuan sekolah. Jadi kepala sekolah bertugas  merencanakan, mengawasi, dan mengkoordinasi seluruh proses pendidikan yang meliputi pelaksanaan kurikulum maupun administrasi yang mencakup perkantoran. Balajar mengajar siswa, perlangkapan.
  • Kebijakan sekolah dalam bidang penyelenggaraan organisasi sekolah
  kebijakan sekolah dalam bidang penyelenggaraan organsasi sekolah baik intra maupun ekstra sangatlah didukung oleh semua komponen penyelenggaraan pendidikan baik dari tinggkat jabatan yang tetinggi hingga yang terendah atau staf. hal ini terlihat dengan adanya dukungan dari pihak sekolah untuk penyelanggaraan kegiatan kesisiwaan seperti Osis atau organisasi kesiswaan bahkan kegiataan kepramukaan. selain itu banyak dari masyarakat pendidikan SMP Negeri 4 Kupang khususnya pelajar banyak yang menjadi siswa berprestasi dalam kegiatan ekstra, seperti menjadi atlet-atlet di bidang olaraga superprioritas di NTT, misalnya kempo, Silat dan Takraw. Dari semua fakta diatas sangatlah menunjukan bahwa dalam hal penyelenggaraan kegiatan organisasi sangatlah didukung seratus persen oleh semua pihak yang bernaung dalam payun Smp Negeri 4 Kupang.
b        Kesiswaan
Bicara mengenai kesiswaan di lingkup SMP negeri 4 kupang sangatlah berfariasi dari latar belakang sosial yang berbeda semua ini ditandai dengan adanya perbedaan status dari pekerjaan orang tua siswa masing-masing. Tapi semua ini tidak membuat ada perbedaan dari semua siswa dalam hal mendapatkan pengajaran di sekolah. semuanya sama rata dan tidak ada istilah diskriminasi dalam lingkup SMP Negeri 4 kupang .dalam kesiswaaan ada hal lain juga yang dikerjakan yaitu :
-          Pendaftaran siswa baru
pendaftaran siswa baru dilaksanakan tiap ajaran tahun baru dengan cara berdasarkan : seleksi hasil test masuk dan daya tampung sekolah dan hasilnya dilaporkan pada kandep setempat.
-          pendaftaran khusus
Pendaftaran siswa dilakukan dengan harus memenuhi syarat-syarat calon siswa harus mempunyai NEM dan surat tanda kelulusan, menyerahkan fotocopy NEM dan surat tanda kelulusan yang telah dilegalisir masing-masing 1 lembar, dan tidak dipungut biaya pendaftaran
Kesiswaan berhubungan juga dengan kurikulum dalam hal :
-          Pencatatan kehadiran siswa
kehadiran siswa dicatat/ dilakukan oleh masing-masing kelas oleh wali kelas maupun guru bidang studi sehingga akhir bulan dilakukan rekapan dan dimasukkan kepada kaur urusan kurikulum untuk dihitung presentase kehadiran kelas.
-          Syarat penilaian ujian dan kenaikan kelas
Setiap siswa harus mencapai nilai sesuai dengan standar kompetensi belajar mengajar (SKBM), jika nilai 3 mata pelajaran dari seluruh jumlah mata pelajaran tidak mencapai standar kompetensi maka siswa tersebut dinyatakan tidak naik kelas.

c         Kepegawaian
Di lingkungan SMP Negeri 4 kupang bicara tentang kepegawaian sangat berhubungan erat dengan seluruh civitas pendidikan yang ada. hal ini tergambar jelas dengan adanya pegawai-pegawai yang selalu sigap dan siap dalam melakukan tugas dan tanggungjawab yang sudah dipercayakan untuk dijalankan.
dalam kepegawaian yang perlu diketahui adalah
-          kelengkapan administrasi kepegawaian
administrasi kepegawaian di sekolah merupakan piñata usaha pegawai dalam lingkungan sekolah. Tujuan piñata usahaan pegawai ialah menggunakan tenaga kerja agar berdayaguna, berhasil guna dan tepat guna untuk menciptakan, memelihara dan mengembangkan suasana kerja yang menyenangkan. dalam kelengkapan administrasi kepegawaian terdiri dari sejumlah format dan map pegawai
-          Pembinaan pegawai
Pembinaan pegawai merupakan usaha untuk mengembangkan, meningkatkan, mengarahkan pegawai agar timbul kegairahan  bekerja dan memperbesar rasa tanggungjawab. pembinaan tersebut dilaksanakan berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.
-          kewajiban pegawai negeri sipil
Kewajiban pegawai Negeri Sipil adalah segala sesuatu yang wajib dilakukan atau tidak dilakukan oleh seorang pegawai negeri sipil berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan (PP No. 30/1980)

d        Keuangan
Dalam urusan kerja sekolah yang berhubungan dengan dana, akan diberikan tugas kepada bendahara antara lain :
-          Bendahara gaji yang bertugas membuat daftar gaji setiap bulannya dari Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) dan membayar gaji guru dan pegawai.
-          Bendahara Uang yang harus dilakukan pencatatan untuk dikembalikan (UYUD) bertugas mengerjakan buku kas umum, mengerjakan buku kas pegawai, bertanggung jawab atas keuangan uang yang harus dikembalikan
-          Bendahara BOS

e         Kantor sekolah/tata usaha
      Di SMP Negeri 4 Kupang terdapat sebuah ruangan / kantor tata usaha. Dan diruangan ini para pegawai tata usaha menjalankan aktifitasnya dan didalamnya dilangkapi berbagai fasilitas penunjang yaitu : computer, mesin ketik, mesin sheet, fasilitas lainnya.Kepala Sekolah juga dibantu oleh kepala tata usaha dan bertanggungjawab mengelola tata usaha meliputi : Kesiswaan, tenaga perlengkapan, keuangan, pemeliharaan gedung, perlengkapan sekolah, perpustakaan, koperasi sekolah.

f         Sarana dan prasarana sekolah
     Pendayagunaan prasarana atau sarana sekolah
a.          Laboratorium (Komputer dan IPA)
b.         Perpustakaan
c.          Alat peraga bidang studi tertentu
d.         Ruang UKS
e.          Ruang Multimedia

g        Hubungan Masyarakat
(……………..…jelaskan masing-masing…………………)


    
h        Administrasi

(……………..…jelaskan masing-masing…………………)

 4.2. hal-hal yang mendukung dan menghambat pengerjaan manajemen
1.      hal-hal yang mendukung adalah sebagai berikut:
o   format pengerjaan menejemen yang telah disiapkan sehingga praktikan bisa dengan mudah melakukannya.
o   Sarana penunjang dari manajemen yang ada seperti : ruang tata usaha, lab computer, lab Ipa, dan ruang bimbingan konseling, perpustakaan dan ruang kurikulum sehing  mempermudah praktikan dalam pengerjaan manajemen dengan baik..
o   Bapak ibu guru juga merupakan hal yang sangat menunjang praktikan dalam penyelenggaraan manajemen yang mana, bapak dan ibu sebagai fasilitator bahkan menjadi tutor buat praktikan dalam pelaksaksanaannya.
o   Pelajar, juga termasuk faktor pendukung penyelenggaraan manejemen, dimana sosok pelajar dijdikan objek dalam hal pelaksanaan kegiatan karena pelajar adalah suber dari sebuah penelenggaraan manajemen di lingkungan sekolah.
2.      hal-hal yang menghambat adalah sebagai berikut:
o   Kurangnya mediasi antara praktikan dan guru.
o   Kurangnya rasa bertanggung jawab baik praktikan dan guru dalam melaksanakan penelenggaraan manejemen.

4.3.hal-hal yang dapat diteladani oleh praktikan

o   Dapat membuat pengelolaan manajemen penyelenggaraan pendidikan yang baik dan benar.
o   Dapat menjadi fasilitator dan tutor dalam pengeloaan dalam kelas.
o   Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan tugas yang diembani.
o   Berpikir kritis dan inovatif
o   Memiliki naluri seorang guru.


BAB V
PENUTUP

1.1        Kesan Umum
   Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan  di Smp negeri 4 kupang, maka kami mendapat kesan-kesan sebagai berikut :
1.            pelaksanaan pendidikan sangat baik dan bekerja sama dengan orang tua sangat baik.
2.            penegakan disiplin sangat baik
3.            pelaksanaan kebersihan lingkungan dan sanitasi di sekolah sangat baik.
4.       dalam proses belajar mengajar, pengelolaan kelas yang dilakukan guru sangat baik dan sesuai juknis yang ada.
5.       adanya kerja sama semua pihak guru dan siswa dalam hal pecangan Kupang Green and Clean.

2.2        Saran

1.     Diharapkan para guru menciptakan pola pembeljaran yang menyenangkan buat siswa, sehingga membuat siswa termotifasi untuk belajar lebig giat dan rajin.
2.        Diharapkan kepada bapak ibu guru dalam proses belajar menggunakan bahasa yang lugas dimana bahasa yang mudah dan gampang dicerna oleh siswa
3.     perlu adanya peningkatan pembimbingan kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi terarah dan menyenakan
4.            memberi motifasi kepada siswa agar giat belajar.
5.     pola didikan yang kers terhadap siswa berupa berlutut dan sebagainya, mungkin bisa dikurangi.





About IKASMEDIA.COM

IKASMEDIA adalah blog yang didedikasikan untuk membangun pendidikan melalui khususnya pendidikan di daerah 3T Mari bersama membangun indonesia menuju generasi emas dan indonesia sejahterah. Kupang 2015

1 komentar:

  1. salam kenal& salam pesahabatan boss....,
    mau nanya situ berarti jagoan SEO HTML ya..???? wah.....pasti Bahasa pemrogramannya dah canggih banget dong bosss.....??????

    ReplyDelete

Copyright © 2015 IKASMEDIA™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.